Nuansa Cinta Telaga Kermata

Nuansa Cinta Telaga Kermata
Sumenep, 23 Juli 2017 – Sumenep atau dalam bahasa Madura Songennep, adalah salah satu kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur. Kabupaten sumenep terletak diujung paling timur Pulau Madura. Wilayah Sumenep sampai saat ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik bagi pengunjung yang berasal dari dalam dan luar kota di Indonesia, khususnya di wilayah Madura. Akses menuju Kabupaten Sumenep relatif mudah dan dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaran umum. Terlebih lagi setelah di resmikannya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Waktu yang ditempuh untuk mencapai Kabupaten Sumenep cukup panjang yaitu sekitar kurang lebih 4 jam dari Jembatan Suramadu. Objek wisata alam yang begitu indah merupakan nilai tambah bagi kabupaten Sumenep, salah satunya adalah tempat wisata yang ada di Kecamatan Saronggi yakni Telaga Kermata Saronggi.
Telaga Kermata terletak tidak jauh dari jalan utama Kecamatan Saronggi, Sumenep Madura. Sehingga pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata Telaga Kermata tidak perlu khawatir karena akses jalan yang ditujupun terlampau mudah untuk dilalui. Tiket masuk untuk dapat mengunjungi wisata tersebut pun sangat terjangkau, bahkan Pihak Telaga Kermata memberikan paket-paket wisata sehingga pengunjung dapat merasakan banyak fasilitas dengan lebih murah, sehingga membuat wisata ini lebih bisa dinikmati bagi para pengunjung dari berbagai macam kalangan.
Telaga Kermata pun baru saja meluncurkan icon terbaru mereka yang bernama “Keramba Cinta Kermata” pada hari Minggu kemarin tanggal 23 Juli 2017. Icon tersebut diresmikan oleh Bendahara Telaga Kermata bersama dengan peserta KKN 92 Universitas Trunojoyo Madura 2017. Dengan diresmikannya Keramba Cinta Kermata tersebut pengunjung langsung bisa berfoto-foto dengan cukup menaiki perahu wisata untuk bisa ke tempat Keramba Cinta yang terletak di tengah-tengah telaga Kermata. Dan tidak hanya berhenti disitu saja, pihak crew Kermata akan terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan wisata Telaga kermata yang masih berdiri selama 4 bulan tersebut agar bisa menjadi destinasi wisata yang sangat diminati pengunjung dan tidak bisa dilewatkan ketika sampai di Kabupaten Sumenep.

Peresmian Keramba Cinta Telaga Kermata
Karena tempat wisata ini terhitung masih baru dibuka sekitar 4 bulan yang lalu, maka banyak tanaman yang baru dan belum tumbuh besar menyebabkan tempat ini terasa gersang dan sebagian tempat duduk panas terutama di siang hari. Jadi, untuk pengunjung yang datang terutama anak-anak, sebaiknya membawa topi, kacamata, ataupun payung agar tetap nyaman berkeliling di Telaga Kermata. Pemandangan yang indah dengan adanya telaga dan ditambah dengan dekorasi papan tulisan kata-kata menjadi pilihan pengunjung sebagai tempat wisata baru yang pas dikunjungi saat akhir pekan. Telaga Kermata dibuka setiap hari pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Namun, per tanggal 1 Agustus 2017 akan dibuka setiap hari sampai pukul 20.00 WIB.
Dengan dibantu oleh peserta KKN 92 Universitas Trunojoyo Madura, Telaga Kermata menjadi lebih indah dengan adanya pembaharuan warna yang dilakukan dan penambahan papan kata-kata yang bisa dijadikan untuk spot selfie bagi semua pengunjung yang datang. Bahkan peserta KKN 92 Universitas Trunojoyo Madura melepaskan sekitar 350 ekor ikan nila supaya dapat menambah keberagaman jenis ikan dan warna dalam Telaga Kermata tersebut.
Prosesi Pelepasan benih Ikan Nila Di Telaga Kermata
Tak hanya icon “Keramba Cinta Kermata” yang menjadi daya tarik telaga, namun juga beberapa permainan dan spot foto yang menarik untuk diabadikan bersama orang-orang tersayang. Objek wisata telaga kermata menyuguhkan beragam keindahan alam yang begitu asri nan memikat hati dengan berbagai fasilitas permainan air seperti sepeda air, speed boat, perahu wisata, perahu karet, uji ketangkasan serta dapat memberikan makan ikan ditelaga. Selain itu, jernihnya air ditelaga menambah nilai tambah untuk tempat wisata ini karena pengunjung dapat dengan jelas melihat ikan-ikan kecil yang berkeliaran saat mereka menaiki salah satu permainan tersebut.
Foto Keramba Cinta Telahga Kermata
Lebih menariknya lagi, pengunjung dapat bersantai dibawah rindangnya pohon gayam dengan ditemani suasana santai yang dijamin dapat membuat waktu anda terasa lebih cepat. Telaga kermata juga mempunyai beberapa spot untuk selfie atau mengabadikan moment bersama orang-orang terdekat, diantaranya love selfie, jembatan warna, rumah apung, rumah pohon dan keramba cinta kermata. Spot selfie yang paling banyak menarik perhatian pengunjung adalah love selfie dan keramba cinta kermata yang memang adalah icon telaga kermata tersebut.
Bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak, diharapkan agar menjaga anak-anaknya dengan baik, sebab kedalaman telaga Kermata kurang lebih 1,5 meter. Sehingga para orang tua dimohon untuk menjaga dengan baik anak-anak mereka agar tidak terjadi hal-hal yang buruk dan tidak mengurangi citra dari Telaga Kermata.
Pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan cara mengikuti permainan uji ketangkasan dimana hadiah utama adalah sepeda gunung dan uang tunai. Setiap bulan, hadiah yang diberikan berbeda dan bernilai jutaan rupiah. Tak hanya uji ketangkasan saja yang menyediakan hadiah berupa uang tunai. Namun, pengunjung juga bisa mengikuti perlombaan foto romantis berlatar belakang spot love selfie dan foto menarik dengan berlatar icon Keramba Cinta Kermata.

Berdasarkan data kunjungan wisata telaga kermata, setiap bulan meraup omset puluhan juta rupiah per bulan. Hingga dapat dipastikan bagaimana ramai dan antusiasnya para pelancong yang ingin mendatangi tempat wisata ini dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan. Telaga Kermata juga setiap bulannya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Maka pihak Telaga Kermata akan selalu memberikan inovasi terbaru untuk lebih memberikan kepuasan terhadap pengunjungnya, agar pengunjung yang sudah pernah datang ke Telaga Kermata akan datang kembali untuk mencoba dan merasakan inovasi terbaru tersebut.
“Telaga Kermata salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga, karena harga tiket murah dengan beberapa wahana yang disediakan sangat cocok dibuat untuk foto-foto”, ujar Yaqin selaku pengunjung Kermata.

Rencananya pihak Telaga Kermata akan menambah fasilitas-fasilitasnya berupa kolam pemancingan, lapangan bola volly, dan kolam pemandian untuk anak-anak supaya pengunjung bisa betah berlama-lama di Telaga Kermata. Rencana tersebut akan terlaksana saat pembaharuan fasilitas yang sudah ada telah selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa Saronggi

Asal Usul Legenda Telaga Kermata